LAMPIRAN C. PENGEMBANGAN SILABUS MATA KULIAH
A. Identitas perguruan tinggi
Perguruan tinggi :
STIKes Mega Rezky Makassar
Fakultas :
Kesehatan
Prodi : D-III Kebidanan
B. Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah : Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata Kuliah : BD.314
Semester :
Ganjil (III)
Bobot : 5 SKS ( T:3, P:2 )
C. Dosen pengampuh :Mariana, S.ST
D. Pelaksanaan pembelajaran
Hari : Senin
Kelas : B
Pukul : 08.00 s/d 12.10 Wita
E. Mata kuliah prasyarat : Askeb II ( Persalinan )
F. Status mata kuliah : Wajib (MKB)
G. Sifat mata kuliah : Teori dan Praktik
H. Kompetensi Utama
3.1 Mengelolah pelayanan kebidanan
secara mandiri, kolaborasi dan rujukan
Kompetensi pendukung
1.1 Melaksanakan praktik kebidanan
dengan berpedoman pada standar profesi, kode etik kebidanan dan
Undang-Undang/Peraturan yang berlaku
1.2 Menjalin kerjasama sebagai tim
kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan dalam pelayanan kebidanan
1.3 Menyusun rencana asuhan bersama
klien sesuai dengan kondisi yang dialami
1.4 Melaksanakan tindakan kebidanan
sesuai dengan perencanaan
1.5 Mendokumentasikan asuhan kebidanan
yang diberikan
LAMPIRAN C. PENGEMBANGAN SILABUS
MATA KULIAH
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3.1 Konsep Dasar Asuhan
Persalinan
|
3.3.1.1 Mengetahui pengertian
persalinan
3.3.1.2 Mengetahui sebab-sebab
mulainya
persalinan
3.3.1.3 Mengetahui tahapan
persalinan (
kala i, ii, iii dan iv )
3.3.1.4 Mengetahui tujuan asuhan
persalinan
3.3.1.5 Mengetahui tanda-tamda
persalinan
3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda
bahaya
persalinan |
3.3.2 Faktor Yang Berpengaruh Pada
Persalinan
|
3.3.2.1 Menjelaskan Pengaruh
Tenaga
(Power) Dalam Persalinan
3.3.2.2 Menjelaskan Pengaruh Janin
Dan
Plasenta (Passanger) Dalam Persalinan
3.3.2.3 Menjelaskan Pengaruh Jalan
Lahir
(Passsage) Dalam Persalinan
3.3.2.4 Menjelaskan Faktor
Penolong Dan
Psiskis Ibu Dalam Persalinan |
3.3.3 Kebutuhan Dasar Selama
Persalinan
|
3.3.3.1 Mengetahui kebutuhan ibu
selama
persalinan normal
3.3.3.2 Mengetahui kebutuhan
nutrisi dan
cairan ibu selama proses persalinan
3.3.3.3 Memberi dukungan pada ibu
selama persalinan |
3.3.4 Asuhan Persalinan Kala I
|
3.3.4.1 Memberikan asuhan
persalinan
kala I
3.3.4.2 Mengetahui pemenuhan
kebutuhan
fisik dan psikologi ibu dan keluarga
3.3.4.3 Menjelaskan tanda bahaya
kala I
3.3.4.4 Menjelaskan persiapan
persalinan
3.3.4.5 Mengetahui penggunaan
partograf
|
3.3.5 Asuhan Persalinan Kala II
|
3.3.5.1 Mengetahui perubahan
fisiologi
pada kala II persalinan
3.3.5.2 Mengetahui tanda dan
gejala kala
II
3.3.5.3 Mendiagnosa persalinan
kala II
3.3.5.4 Memeberikan asuhan sayang
ibu
dan menjelaskan posisi meneran yang baik
3.3.5.5 Mengetahui mekanisme
persalinan
normal
3.3.5.6 Mengetahui kebutuhan dasar
ibu
selama proses persalinan
3.3.5.7 Mengetahui dan mendeteksi
tanda
bahaya kala II
3.3.5.8 Menolong persalinan sesuai
APN
3.3.5.9 Mendokumentasikan asuhan
persalinan kala II |
3.3.6
Indikasi Amniotomi, Episiotomi Dan Deteksi Dini Pada Kala II
|
3.3.6.1 Mengetahui indikasi
amniotomi
dan episiotomi
3.3.6.2 Mendeteksi adanya
komplikasi dan
penyulit persalinan kala II dan cara mengatasinya |
3.3.7
Asuhan Persalinan Pada Ibu Bersalin Kala III
|
3.3.7.1 Mengetahui fisiologi kala
III
3.3.7.2 Mengetahui tanda pelepasan
plasenta
3.3.7.3 Mengawasi perdarahan
3.3.7.4 Melakukan manajemen aktif
kala
III
3.3.7.5 Mengetahui kebutuhan ibu
pada
kala III
3.3.7.6 Melakukan pemantauan pada
kala
III
3.3.7.7 Mendeteksi adanya
komplikasi dan
penyulit serta cara mengatasinya
3.3.7.8 Mengetahui dan mendeteksi
penyebab perdarahan pada kala III
3.3.7.9 Mendokumentasikan hasil
asuhan
kebidanan kala III |
3.3.8
asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV
|
3.3.8.1 Mengetahui fisiologi kala
IV
3.3.8.2 Melakukan pemantauan
selama
kala IV
3.3.8.3 Mengetahui tindakan yang
dapat
membahayakan / tidak bermanfaat pada kala IV
3.3.8.4 Melaksanakan penjahitan
luka
|
3.3.9
Penanganan/Asuhan Bayi Baru Lahir
|
3.3.9.1 Memberikan asuhan pada
bayi
segera pada masa setelah lahir
3.3.9.2 Mengetahui adaptasi
fisiologi BBL
terhadap kehidupan di luar uterus
3.3.9.3 Mengetahui penilaian APGAR
3.3.9.4 Melakukan IMD selama 1 jam
pertama |
3.3.10
Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan
|
3.3.10.1 Melakukan pencatatan
rutin
setelah melakukan asuhan
3.3.10.2 Melakukan rujukan bila
ada
indikasi |
F. Deskripsi mata kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang
Konsep dasar asuhan persalinan, Faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan,
Kebutuhan dasar selama persalinan, Manajemen kala I, Asuhan kebidanan kala II,
Indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada kala II, asuhan kebidanan
kala III, Asuhan kebidanan pada ibu
bersalin kala IV, Penanganan bayi baru
lahir, serta Pendokumentasian hasil asuhan kebidanan.
G. Pendekatan pembelajaran
Problem Based Learning, Ceramah,
Diskusi, Tutorial, Praktik klinik
H. Media pembelajaran
LCD/Note book, bahan ajar, daftar
tilik, phantom
I. Assesmen
Portofolio yang disusun oleh
mahasiswa
J. Tugas mahasiswa
1. Mencari materi yang membahas
mengenai asuhan persalinan dan bayi baru lahir
2. Mempersentasikan materi yang telah dibuat
sebagai nilai tugas kelompok
3. Menjawab soal-soal setiap selesai
penjelasan materi sebagai nilai quis dan nilai tambah
4. Mempraktikkan asuhan kebidanan pada
ibu dalam proses persalinan kala I sampai kala IV serta asuhan pada bayi baru
lahir
5. Membuat asuhan kebidanan pada ibu
bersalin dan bayi baru lahir
K. Rujukan
Buku
utama
Chapman
V dkk (2009). Persalinan dan kelahiran. EGC. Jakarta
Buku
anjuran
Lestary
D (2013). Askeb ibu II (Persalinan). Makassar
Internet
Diah.
(2012). Tanda – tanda persalinan http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/07/tanda-tanda-persalinan.html
L. RENCANA KEGIATAN
Pertemuan
ke
|
Kompetensi dasar/Indikator
|
Substansi Kajian
|
Metode Pembelajaran
|
Rujukan
|
II
– III
|
3.3.1 Menjelaskan konsep dasar
asuhan persalinan
3.3.1.1 Mengetahui pengertian
persalinan
3.3.1.2 Mengetahui sebab-sebab
mulainya persalinan
3.3.1.3 Mengetahui tahapan
persalinan (Kala I, II, III dan IV )
3.3.1.4 Mengetahui tujuan asuhan
persalinan
3.3.1.5 Mengetahui tanda-tamda
persalinan
3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda
bahaya persalinan |
3.3.1 konsep dasar asuhan persalinan
|
- Konstruktif
-Pembelajaran
kreatif dan produktif (diskusi)
- Problem solving
|
BU :
Chapman (2009)
|
IV
|
3.3.2 Menjelaskan faktor yang
berpengaruh pada persalinan
3.3.2.1 Menjelaskan pengaruh
tenaga ( power ) dalam persalinan
3.3.2.2 Menjelaskan pengaruh
janin
dan plasenta ( passanger ) dalam persalinan
3.3.2.3 menjelaskan pengaruh jalan
lahir ( passsage ) dalam persalinan
3.3.2.4 menjelaskan faktor
penolong
dan psiskis ibu dalam persalinan |
3.3.2 faktor yang berpengaruh pada persalinan
|
-Behavioristik
- - Pembelajaran kreatif dan produktif
- - Inkulri
- - Problem solving
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
V
|
3.3.3 Menjelaskan
kebutuhan dasar
persalinan
3.3.3.1 Mengetahui kebutuhan ibu
selama persalinan normal
3.3.3.2 Mengetahui kebutuhan
nutrisi dan cairan ibu selama proses persalinan
3.3.3.3 Memberi dukungan pada ibu
selama persalinan |
3.3.3 kebutuhan dasar selama persalinan
|
- Behavioristik
- - Pembelajaran kreatif dan produktif
- - Inkulri
- - Problem solving
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
VI
|
3.3.4 Menjelaskan asuhan
kebidanan kala I
3.3.4.1 Memberikan asuhan
persalinan kala I
3.3.4.2 Mengetahui pemenuhan
kebutuhan fisik dan psikologi ibu dan keluarga
3.3.4.3 Menjelaskan tanda bahaya
kala I
3.3.4.4 Menjelaskan persiapan
persalinan
3.3.4.5 Mengetahui penggunaan
partograf |
3.3.4 manajemen kala I
|
- Behavioristik
- - Teamteaching
- - STAD
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
VII - VIII
|
3.3.5 Menjelaskan asuhan
kebidanan kala II persalinan
3.3.5.1 Mengetahui perubahan
fisiologi pada kala II persalinan
3.3.5.2 Mengetahui tanda dan
gejala
kala II
3.3.5.3 Mendiagnosa persalinan
kala
II
3.3.5.4 Memeberikan asuhan sayang
ibu dan menjelaskan posisi meneran yang baik
3.3.5.5 Mengetahui mekanisme
persalinan normal
3.3.5.6 Mengetahui kebutuhan dasar
ibu selama proses persalinan
3.3.5.7 Mengetahui dan mendeteksi
tanda bahaya kala II
3.3.5.8 Menolong persalinan sesuai
APN
3.3.5.9 Mendokumentasikan asuhan
persalinan kala II |
3.3.5 asuhan kebidanan kala II
|
- Konstruktif
- - Problem solving
- - Ikulri
- - Demontrasi
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
IX
|
Ujian Tengah Semester
|
|||
X
|
3.3.6 Menjelaskan dan
mendeteksi indikasi amniotomi, episiotomi pada kala II
3.3.6.1 Mengetahui indikasi
amniotomi dan episiotomi
3.3.6.2 Mendeteksi adanya
komplikasi dan penyulit persalinan kala II dan cara mengatasinya |
3.3.6 indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada
kala II
|
- Kontruktif
- - Pembelajaran
kreatif dan produktif
- - Inkulri
- - Problem solving
- - Team teaching
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
XI - XII
|
3.3.7 Menjelaskan asuhan
kebidanan kala III ( kala uri )
3.3.7.1 Mengetahui fisiologi kala
III
3.3.7.2 Mengetahui tanda pelepasan
plasenta
3.3.7.3 Mengawasi perdarahan
3.3.7.4 Melakukan manajemen aktif
kala III
3.3.7.5 Mengetahui kebutuhan ibu
pada kala III
3.3.7.6 Melakukan pemantauan pada
kala III
3.3.7.7 Mendeteksi adanya
komplikasi dan penyulit serta cara mengatasinya
3.3.7.8 Mengetahui dan mendeteksi
penyebab perdarahan pada kala III
3.3.7.9 Mendokumentasikan hasil
asuhan kebidanan kala III |
3.3.7 Asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala III
|
- Konstruktif
- - Pembelajaran kreatif dan produktif
- - Inkulri
- - Demonstrasi
- - Problem solving
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013) (198-200)
|
XII
|
3.3.8 Memberikan asuhan
kebidanan pada ibu bersalin kala IV
3.3.8.1 Mengetahui fisiologi kala
IV
3.3.8.2 Melakukan pemantauan
selama kala IV
3.3.8.3 Mengetahui tindakan yang
dapat membahayakan / tidak bermanfaat pada kala IV
3.3.8.4 Melaksanakan penjahitan
luka |
3.3.8 asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV
|
- Behavioristik
- - Pembelajaran produktif dan kreatif
- - SCL
- - Demonstrasi
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
XIV
|
3.3.9 Melanjelaskan penanganan
bayi baru lahir
3.3.9.1 Memberikan asuhan pada
bayi segera pada masa setelah lahir
3.3.9.2 Mengetahui adaptasi
fisiologi
BBL terhadap kehidupan di luar uterus
3.3.9.3 Mengetahui penilaian
APGAR
3.3.9.4 Melakukan IMD selama 1
jam pertama |
3.3.9 Penanganan bayi baru lahir
|
- Konstruktif
- - Pembelajaran kreatif dan produktif
- - Inkulri
- - Problem solving
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013) 2005 (246-261)
|
15
|
3.3.10 Menjelaskan
pendokumentasian hasil asuhan kebidanan
3.3.10.1 Melakukan pencatatan
rutin
setelah melakukan asuhan
3.3.10.2 Melakukan rujukan bila
ada
indikasi |
3.3.10 Pendokumentasian hasil asuhan kebidanan
|
- Behavioristik
- - Team teaching
- - STAD
|
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar