Autumn Falling Leaves

Selasa, 15 November 2016

Lampiran Pengembangan Silabus "Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir"



LAMPIRAN C. PENGEMBANGAN SILABUS MATA KULIAH

A.    Identitas perguruan tinggi
Perguruan tinggi             : STIKes Mega Rezky Makassar
Fakultas                          : Kesehatan
Prodi                              : D-III Kebidanan

B.      Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah                    : Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata Kuliah         : BD.314
Semester                         : Ganjil (III)
Bobot                             : 5 SKS ( T:3, P:2 )

C.     Dosen pengampuh         :Mariana, S.ST

D.    Pelaksanaan pembelajaran
Hari        : Senin 
Kelas      : B
Pukul      : 08.00 s/d 12.10 Wita

E.     Mata kuliah prasyarat     : Askeb II ( Persalinan )

F.      Status mata kuliah          : Wajib (MKB)

G.    Sifat mata kuliah            : Teori dan Praktik

H.     Kompetensi Utama

3.1 Mengelolah pelayanan kebidanan secara mandiri, kolaborasi dan rujukan

Kompetensi pendukung

1.1  Melaksanakan praktik kebidanan dengan berpedoman pada standar profesi, kode etik kebidanan dan Undang-Undang/Peraturan yang berlaku
1.2  Menjalin kerjasama sebagai tim kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan dalam pelayanan kebidanan
1.3  Menyusun rencana asuhan bersama klien sesuai dengan kondisi yang dialami
1.4  Melaksanakan tindakan kebidanan sesuai dengan perencanaan
1.5  Mendokumentasikan asuhan kebidanan yang diberikan


















LAMPIRAN C. PENGEMBANGAN SILABUS MATA KULIAH

Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.1 Konsep Dasar Asuhan Persalinan
3.3.1.1 Mengetahui pengertian persalinan
3.3.1.2 Mengetahui sebab-sebab mulainya
            persalinan
3.3.1.3 Mengetahui tahapan persalinan (
            kala i, ii, iii dan iv )
3.3.1.4 Mengetahui tujuan asuhan
            persalinan
3.3.1.5 Mengetahui tanda-tamda
            persalinan
3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda bahaya  
            persalinan
3.3.2 Faktor Yang Berpengaruh Pada Persalinan
3.3.2.1 Menjelaskan Pengaruh Tenaga
            (Power) Dalam Persalinan
3.3.2.2 Menjelaskan Pengaruh Janin Dan
            Plasenta (Passanger) Dalam
            Persalinan
3.3.2.3 Menjelaskan Pengaruh Jalan Lahir
            (Passsage) Dalam Persalinan
3.3.2.4 Menjelaskan Faktor Penolong Dan
            Psiskis Ibu Dalam Persalinan
3.3.3 Kebutuhan Dasar Selama Persalinan
3.3.3.1 Mengetahui kebutuhan ibu selama
            persalinan normal
3.3.3.2 Mengetahui kebutuhan nutrisi dan
            cairan ibu selama proses
            persalinan
3.3.3.3 Memberi dukungan pada ibu
            selama persalinan
3.3.4 Asuhan Persalinan Kala I
3.3.4.1 Memberikan asuhan persalinan
            kala I
3.3.4.2 Mengetahui pemenuhan kebutuhan
            fisik dan psikologi ibu dan 
            keluarga
3.3.4.3 Menjelaskan tanda bahaya kala I
3.3.4.4 Menjelaskan persiapan persalinan
3.3.4.5 Mengetahui penggunaan partograf
3.3.5 Asuhan Persalinan Kala II
3.3.5.1 Mengetahui perubahan fisiologi
            pada kala II persalinan
3.3.5.2 Mengetahui tanda dan gejala kala
            II
3.3.5.3 Mendiagnosa persalinan kala II
3.3.5.4 Memeberikan asuhan sayang ibu
           dan menjelaskan posisi meneran
            yang baik
3.3.5.5 Mengetahui mekanisme persalinan
            normal
3.3.5.6 Mengetahui kebutuhan dasar ibu
            selama proses persalinan
3.3.5.7 Mengetahui dan mendeteksi tanda
            bahaya kala II
3.3.5.8 Menolong persalinan sesuai APN
3.3.5.9 Mendokumentasikan asuhan
            persalinan kala II
3.3.6 Indikasi Amniotomi, Episiotomi Dan Deteksi Dini Pada Kala II
3.3.6.1 Mengetahui indikasi amniotomi
            dan episiotomi
3.3.6.2 Mendeteksi adanya komplikasi dan
            penyulit persalinan kala II dan cara
            mengatasinya
3.3.7 Asuhan Persalinan Pada Ibu Bersalin Kala III
3.3.7.1 Mengetahui fisiologi kala III
3.3.7.2 Mengetahui tanda pelepasan
            plasenta
3.3.7.3 Mengawasi perdarahan
3.3.7.4 Melakukan manajemen aktif kala
            III
3.3.7.5 Mengetahui kebutuhan ibu pada
            kala III
3.3.7.6 Melakukan pemantauan pada kala
            III
3.3.7.7 Mendeteksi adanya komplikasi dan
            penyulit serta cara mengatasinya
3.3.7.8 Mengetahui dan mendeteksi
            penyebab perdarahan pada kala III
3.3.7.9 Mendokumentasikan hasil asuhan
            kebidanan kala III
3.3.8 asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV
3.3.8.1 Mengetahui fisiologi kala IV
3.3.8.2 Melakukan pemantauan selama  
            kala IV
3.3.8.3 Mengetahui tindakan yang dapat
            membahayakan / tidak bermanfaat
            pada kala IV
3.3.8.4 Melaksanakan penjahitan luka
3.3.9 Penanganan/Asuhan Bayi Baru Lahir
3.3.9.1 Memberikan asuhan pada bayi
            segera pada masa setelah lahir
3.3.9.2 Mengetahui adaptasi fisiologi BBL
            terhadap kehidupan di luar uterus
3.3.9.3 Mengetahui penilaian APGAR
3.3.9.4 Melakukan IMD selama 1 jam
            pertama
3.3.10 Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan
3.3.10.1 Melakukan pencatatan rutin
              setelah melakukan asuhan
3.3.10.2 Melakukan rujukan bila ada
              indikasi

F.      Deskripsi mata kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar asuhan persalinan, Faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan, Kebutuhan dasar selama persalinan, Manajemen kala I, Asuhan kebidanan kala II, Indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada kala II, asuhan kebidanan kala III,   Asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV,  Penanganan bayi baru lahir, serta Pendokumentasian hasil asuhan kebidanan.

G.    Pendekatan pembelajaran
Problem Based Learning, Ceramah, Diskusi, Tutorial, Praktik klinik

H.    Media pembelajaran
LCD/Note book, bahan ajar, daftar tilik, phantom

I.       Assesmen
Portofolio yang disusun oleh mahasiswa

J.       Tugas mahasiswa
1.      Mencari materi yang membahas mengenai asuhan persalinan dan bayi baru lahir
2.      Mempersentasikan materi yang telah dibuat sebagai nilai tugas kelompok
3.      Menjawab soal-soal setiap selesai penjelasan materi sebagai nilai quis dan nilai tambah
4.      Mempraktikkan asuhan kebidanan pada ibu dalam proses persalinan kala I sampai kala IV serta asuhan pada bayi baru lahir
5.      Membuat asuhan kebidanan pada ibu bersalin dan bayi baru lahir

K.    Rujukan
Buku utama
Chapman V dkk (2009). Persalinan dan kelahiran. EGC. Jakarta
Buku anjuran
Lestary D (2013). Askeb ibu II (Persalinan). Makassar
Internet
Diah. (2012). Tanda – tanda persalinan http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/07/tanda-tanda-persalinan.html


L.     RENCANA KEGIATAN
Pertemuan
ke
Kompetensi dasar/Indikator
Substansi Kajian
Metode Pembelajaran
Rujukan
II – III
3.3.1    Menjelaskan konsep dasar        
      asuhan persalinan
3.3.1.1 Mengetahui pengertian
      persalinan
3.3.1.2 Mengetahui sebab-sebab
      mulainya persalinan
3.3.1.3 Mengetahui tahapan  
      persalinan (Kala I, II, III
      dan IV )
3.3.1.4 Mengetahui tujuan asuhan
       persalinan
3.3.1.5 Mengetahui tanda-tamda
      persalinan
3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda
      bahaya persalinan
3.3.1 konsep dasar asuhan persalinan
- Konstruktif
-Pembelajaran  
  kreatif dan
  produktif
  (diskusi)
- Problem solving
BU :
Chapman (2009)
IV
3.3.2    Menjelaskan faktor yang
      berpengaruh pada persalinan
3.3.2.1 Menjelaskan pengaruh
      tenaga ( power ) dalam
      persalinan
3.3.2.2 Menjelaskan pengaruh janin 
      dan plasenta ( passanger )
      dalam persalinan
3.3.2.3 menjelaskan pengaruh jalan
      lahir ( passsage ) dalam
      persalinan
3.3.2.4 menjelaskan faktor penolong
      dan psiskis ibu dalam
      persalinan
3.3.2 faktor yang berpengaruh pada persalinan
-Behavioristik
-     - Pembelajaran kreatif dan produktif
-   -  Inkulri
-     - Problem solving
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
V
3.3.3    Menjelaskan kebutuhan dasar
      persalinan
3.3.3.1 Mengetahui kebutuhan ibu
      selama persalinan normal
3.3.3.2 Mengetahui kebutuhan
      nutrisi dan cairan ibu selama
      proses persalinan
3.3.3.3 Memberi dukungan pada ibu
            selama persalinan
3.3.3 kebutuhan dasar selama persalinan
- Behavioristik
-      - Pembelajaran kreatif dan produktif
-      - Inkulri
-      - Problem solving
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
VI
3.3.4    Menjelaskan asuhan
      kebidanan  kala I
3.3.4.1 Memberikan asuhan
      persalinan kala I
3.3.4.2 Mengetahui pemenuhan
       kebutuhan fisik dan  
       psikologi ibu dan keluarga
3.3.4.3 Menjelaskan tanda bahaya
      kala I
3.3.4.4 Menjelaskan persiapan
      persalinan
3.3.4.5 Mengetahui penggunaan
      partograf
3.3.4 manajemen kala I
- Behavioristik
-      - Teamteaching
-      - STAD
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
VII - VIII
3.3.5    Menjelaskan asuhan     
      kebidanan kala II persalinan
3.3.5.1 Mengetahui perubahan
      fisiologi pada kala II
      persalinan
3.3.5.2 Mengetahui tanda dan gejala
            kala II
3.3.5.3 Mendiagnosa persalinan kala
      II
3.3.5.4 Memeberikan asuhan sayang
      ibu dan menjelaskan posisi  
      meneran yang baik
3.3.5.5 Mengetahui mekanisme
       persalinan normal
3.3.5.6 Mengetahui kebutuhan dasar  
      ibu selama proses persalinan
3.3.5.7 Mengetahui dan mendeteksi
      tanda bahaya kala II
3.3.5.8 Menolong persalinan sesuai
       APN
3.3.5.9 Mendokumentasikan asuhan
       persalinan kala II
3.3.5 asuhan kebidanan kala II
- Konstruktif
-      - Problem solving
-      - Ikulri
-      - Demontrasi
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
IX
Ujian Tengah Semester
X
3.3.6    Menjelaskan dan
      mendeteksi indikasi
      amniotomi, episiotomi
      pada kala II
3.3.6.1 Mengetahui indikasi
      amniotomi dan episiotomi
3.3.6.2 Mendeteksi adanya
      komplikasi dan penyulit
      persalinan kala II
            dan cara mengatasinya
3.3.6 indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada kala II
- Kontruktif
-      - Pembelajaran
   kreatif dan
   produktif
-     -  Inkulri
-     -  Problem solving
-      - Team teaching
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
XI - XII
3.3.7    Menjelaskan asuhan
      kebidanan kala III ( kala uri )
3.3.7.1 Mengetahui fisiologi kala III
3.3.7.2 Mengetahui tanda pelepasan
      plasenta
3.3.7.3 Mengawasi perdarahan
3.3.7.4 Melakukan manajemen aktif
      kala III
3.3.7.5 Mengetahui kebutuhan ibu
      pada kala III
3.3.7.6 Melakukan pemantauan pada
      kala III
3.3.7.7 Mendeteksi adanya
      komplikasi dan penyulit serta
      cara mengatasinya
3.3.7.8 Mengetahui dan mendeteksi
      penyebab perdarahan pada
      kala III
3.3.7.9 Mendokumentasikan hasil
      asuhan kebidanan kala III
3.3.7 Asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala III
- Konstruktif
-      - Pembelajaran kreatif dan produktif
-     -  Inkulri
-      - Demonstrasi
-      - Problem solving
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013) (198-200)
XII
3.3.8    Memberikan asuhan
      kebidanan pada ibu bersalin
      kala IV
3.3.8.1 Mengetahui fisiologi kala IV
3.3.8.2 Melakukan pemantauan
      selama kala IV
3.3.8.3 Mengetahui tindakan yang
      dapat membahayakan / tidak
      bermanfaat pada kala IV
3.3.8.4 Melaksanakan penjahitan
      luka
3.3.8 asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV
- Behavioristik
-      - Pembelajaran produktif dan kreatif
-      - SCL
-      - Demonstrasi
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
XIV
3.3.9    Melanjelaskan penanganan
      bayi baru lahir
3.3.9.1 Memberikan asuhan pada
      bayi segera pada masa
      setelah lahir
3.3.9.2 Mengetahui adaptasi fisiologi
      BBL terhadap kehidupan di
      luar uterus
3.3.9.3 Mengetahui penilaian
      APGAR
3.3.9.4 Melakukan IMD selama 1
      jam pertama
3.3.9 Penanganan bayi baru lahir
- Konstruktif
-      - Pembelajaran kreatif dan produktif
-     -  Inkulri
-      - Problem solving
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013) 2005 (246-261)
15
3.3.10    Menjelaskan
        pendokumentasian
        hasil asuhan kebidanan
3.3.10.1 Melakukan pencatatan rutin
        setelah melakukan asuhan
3.3.10.2 Melakukan rujukan bila ada
        indikasi
3.3.10 Pendokumentasian hasil asuhan kebidanan
- Behavioristik
-      - Team teaching
-      - STAD
BU :
Chapman (2009)
BA:
Lestari (2013)
16
Ujian Akhir Semester






Tidak ada komentar:

Posting Komentar