Autumn Falling Leaves

Selasa, 15 November 2016

Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir (GBRP)



Lampiran A. Garis-Garis Besar Rancangan Pembelajaran ( GBRP )

TELAAH MATERI POKOK MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah                  : Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata Kuliah                  : BD.314
SKS                                         : 5 ( T:3, P:2 )
Semester/Tahun akademik      : Ganjil, 2016/2017

Uraian materi pokok yang tertulis
Uraian materi pokok yang disarankan
1.      Perubahan Fisiologi Dan Psikologi Dalam Persalinan
1)      Konsep Dasar Asuhan Persalinan
2.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan
2)      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan
3.      Kebutuhaan  Dasar Ibu Bersalin Sesuai Dengan Kala Persalinan
3)      Kebutuhan Dasar Selama Persalinan
4.      Konsep Dasar Asuhan Persalinan
4)      Asuhan Persalinan Kala I
5.      Penyulit Dan Komplikasi Persalinan
5)      Asuhan Persalinan Kala II
7.      Adaptasi Bayi Baru Lahir
7)      Asuhan Persalinan  Kala III
8.      Asuhan Bayi Baru Lahir Dalam 2 Jam Pertama
8)      Asuhan Persalinan Kala IV
9.      Pendokumentasian Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir
9)     Asuhan Bayi Baru Lahir

10  Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan






ARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN

Nama Mata Kuliah                  : Asuhan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir
Kode Mata Kuliah                  : BD.314
SKS                                         : 5 ( T:3, P:2 )
Dosen Mata Kuliah                 : Mariana, S.ST
Semester/Tahun Akademik     : Ganjil, 2016/2017
Hari dan Jam Pertemuan         : Senin, 08.00-12.15 WITA
Tempat Pertemuan                  : Ruangan STIKES Mega Rezky Makassar

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang : Konsep dasar asuhan persalinan, Faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan, Kebutuhan dasar selama persalinan, Manajemen kala I, Asuhan kebidanan kala II, Indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada kala II, asuhan kebidanan kala III, Asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV,  Penanganan Bayi Baru Lahir, Serta Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan.

Tujuan Mata Kuliah

Setelah mengikuti nata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atau penguasaan materi tentang: Konsep Dasar Asuhan Persalinan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan, Kebutuhan Dasar Selama Persalinan,       Asuhan Persalinan Kala I, Asuhan Persalinan Kala II, Indikasi Amniotomi, Episiotomi Dan Deteksi Dini Pada Kala II, Asuhan Kebidanan Kala III,        Asuhan Persalinan Pada Ibu Bersalin Kala IV,  Penanganan/Asuhan Bayi Baru Lahir, Serta Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan. Asuhan persalinan kala I – kala IV dan penanganan bayi baru lahir wajib diketahui oleh mahasiswa D-III Kebidanan untuk dapat memahami dan mengaplikasikan teori yang diperoleh dari kuliah pada klinik dimana mereka bekerja dan mengabdikan diri dengan melakukan asuhan kebidanan langsung pada ibu dimulai dari kala I - kala IV serta penanganan bayi baru lahir yang didasarkan oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan.



Lampiran A. Garis-Garis Besar Rancangan Pembelajaran ( GBRP )
Pertemuan
Kompetensi dasar/Indikator
Substansi Kajian
Metode/Model
Pemebelajaran
Peniaian
Kriteria
Bobot
I-III
3.3.1    Menjelaskan konsep dasar asuhan   
            persalinan
           3.3.1.2  Mengetahui pengertian persalinan                                        
           3.3.1.3 Mengetahui sebab-sebab mulainya  
            persalinan
           3.3.1.4 Mengetahui tahapan persalinan ( Kala I,
            II, III dan IV )
           3.3.1.5 Mengetahui tujuan asuhan persalinan
           3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda persalinan
           3.3.1.7 Mengetahui tanda-tanda bahaya
            persalinan
3.3.1 Konsep Dasar Asuhan Persalinan
Konstruktif

-         - Pembelajaran   
   kreatif dan
-  produktif
   (diskusi)
-  Problem
   solving
-  inkulri
  - Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
4
IV

3.3.2    Menjelaskan faktor yang berpengaruh  
            pada persalinan
3.3.2.1 menjelaskan pengaruh tenaga (power )
            dalam persalinan
3.3.2.2 Menjelaskan pengaruh janin dan
             plasenta ( passanger ) dalam persalinan
3.3.2 Faktor Yang Berpengaruh Pada Persalinan

Behavioristik

-   Pembelajaran
   kreatif dan
   produktif
-  FGD
-  SCL
-     
 - Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
8

3.3.2.3 Menjelaskan pengaruh jalan lahir (
            passsage ) dalam persalinan
3.3.2.4 Menjelaskan faktor penolong dan  
             psiskis ibu dalam
persalinan       




V
3.3.3    Menjelaskan kebutuhan dasar persalinan
3.3.3.1 Mengetahui kebutuhan ibu selama
             persalinan normal
3.3.3.2 Mengetahui kebutuhan nutrisi dan cairan
            ibu selama proses persalinan
3.3.3.3 Memberi dukungan pada ibu selama
            persalinan

3.3.3 Kebutuhan Dasar Selama Persalinan
Behavioristik

-      Team teching
-      STAD
-   Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
6
VI
3.3.4    Menjelaskan asuhan kebidanan kala I
3.3.4.1 Memberikan asuhan persalinan kala I
3.3.4.2 Mengetahui pemenuhan kebutuhan fisik
            dan psikologi ibu dan keluarga
3.3.4.3 Menjelaskan tanda bahaya kala I
3.3.4.4 Menjelaskan persiapan persalinan
3.3.4.5 Mengetahui penggunaan partograf


3.3.4 Asuhan Persalinan Kala  I
Behavioristik
-          Team teaching
-          STAD
Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
6
VII-VIII
3.3.5    Menjelaskan asuhan kebidanan kala II
            persalinan
3.3.5.1 Mengetahui dan menjelaskan perubahan
            fisiologi pada kala II persalinan
3.3.5.2 Mengetahui tanda dan gejala kala II
3.3.5.3 Mendiagnosa persalinan kala II
3.3.5.4 Memeberikan asuhan sayang ibu dan  
            menjelaskan posisi meneran yang baik
3.3.5.5 Mengetahui mekanisme persalinan    
             normal
3.3.5.6 Mengetahui kebutuhan dasar ibu selama
             proses persalinan
3.3.5.7 Mengetahui dan mendeteksi tanda    
            bahaya kala II
3.3.5.8 Menolong persalinan sesuai APN
3.3.5.9 Mendokumentasikan asuhan persalinan
            kala II
3.3.5 Asuhan Persalinan Kala II
Konstruktif
-          Problem solving
-          Ikulri
-          Demontrasi
- Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
8
IX
UJIAN TENGAH SEMESTER
X
3.3.6    Menjelaskan dan mendeteksi indikasi
            amniotomi, episiotomi pada kala II
3.3.6.1 Mengetahui indikasi amniotomi dan
            episiotomi
3.3.6.2 Mendeteksi adanya komplikasi dan
            penyulit persalinan kala II dan cara
            mengatasinya
3.3.6 Indikasi Amniotomi, Episiotomi Dan Deteksi Dini Pada Kala II
Kontruktif
-         Pembelajaran
       kreatif
       dan produktif
-          Inkulri
-          Problem
       solving
-          Team
        teaching
-   Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
6
XI-XII
3.3.7    Menjelaskan asuhan kebidanan kala III
            (kala uri)
3.3.7.1 Mengetahui fisiologi kala III
3.3.7.2 Mengetahui tanda pelepasan plasenta
3.3.7.3 Mengawasi perdarahan
3.3.7.4 Melakukan manajemen aktif kala III
3.3.7.5 Mengetahui kebutuhan ibu pada kala III
3.3.7.6 Melakukan pemantauan pada kala III
3.3.7.7 Mendeteksi adanya komplikasi dan
            penyulit serta cara mengatasinya
3.3.7.8 Mengetahui dan mendeteksi penyebab
            perdarahan pada kala III
3.3.7.9 Mendokumentasikan hasil asuhan
            kebidanan kala III
3.3.7 Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin Kala III
Konstruktif
-         Pembelajaran
       kreatif
       dan produktif
-          Inkulri
-          Demonstrasi
-          Problem
       solving
-          Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
10
XIII
3.3.8    Memberikan asuhan kebidanan pada ibu
            bersalin kala IV
3.3.8.1 Mengetahui fisiologi kala IV
3.3.8.2 Melakukan pemantauan selama kala IV
3.3.8.3 Mengetahui tindakan yang dapat
            membahayakan / tidak bermanfaat pada
            kala IV
3.3.8.4 Melaksanakan penjahitan luka
3.3.8 Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin Kala IV
Behavioristik
-         Pembelajaran
       produktif
       dan kreatif
-          SCL
-          Demonstrasi
-          Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
8
XIV
3.3.9    Melanjelaskan penanganan bayi baru
            lahir
3.3.9.1 Memberikan asuhan pada bayi segera
            pada masa setelah lahir
3.3.9.2 Mengetahui adaptasi fisiologi bbl
            terhadap kehidupan di luar uterus
3.3.9.3 Mengetahui penilaian APGAR
3.3.9.4 Melakukan imd selama 1 jam pertama
3.3.9 Penanganan /Asuhan Bayi Baru Lahir
Konstruktif
-         Pembelajaran
       kreatif
       dan produktif
-          Inkulri
-          Problem
       solving
-          Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
8
XV
3.3.10    Menjelaskan pendokumentasian hasil
              asuhan kebidanan
3.3.10.1 Melakukan pencatatan rutin setelah
              melakukan asuhan
3.3.10.2 Melakukan rujukan bila ada indikasi
3.3.10 Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan
Behavioristik
-          Team
       teaching
-          STAD
-          Kreativitas
     SB B C K
-  Unjuk kerja
     SB B C K
-  Keaktifan
     SA A C K
-     Ketepatan
      ST T C K
4
XVI
UJIAN AKHIR SEMESTER
Humanistik/Untuk Kerja






Tidak ada komentar:

Posting Komentar