Lampiran A. Garis-Garis Besar Rancangan Pembelajaran ( GBRP
)
TELAAH MATERI POKOK MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Asuhan Persalinan Dan Bayi
Baru Lahir
Kode Mata Kuliah : BD.314
SKS :
5 ( T:3, P:2 )
Semester/Tahun akademik : Ganjil, 2016/2017
Uraian materi pokok yang tertulis
|
Uraian materi pokok yang
disarankan
|
1. Perubahan Fisiologi Dan Psikologi
Dalam Persalinan
|
1) Konsep Dasar Asuhan Persalinan
|
2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Persalinan
|
2) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan
|
3. Kebutuhaan Dasar Ibu Bersalin Sesuai Dengan Kala
Persalinan
|
3) Kebutuhan Dasar Selama Persalinan
|
4. Konsep Dasar Asuhan Persalinan
|
4) Asuhan Persalinan Kala I
|
5. Penyulit Dan Komplikasi Persalinan
|
5) Asuhan Persalinan Kala II
|
7. Adaptasi Bayi Baru Lahir
|
7) Asuhan Persalinan Kala III
|
8. Asuhan Bayi Baru Lahir Dalam 2 Jam
Pertama
|
8) Asuhan Persalinan Kala IV
|
9. Pendokumentasian Asuhan Persalinan
Dan Bayi Baru Lahir
|
9) Asuhan Bayi Baru Lahir
|
10
Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan
|
ARIS-GARIS BESAR PROGRAM
PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Asuhan Persalinan Dan Bayi
Baru Lahir
Kode Mata Kuliah : BD.314
SKS :
5 ( T:3, P:2 )
Dosen Mata Kuliah : Mariana, S.ST
Semester/Tahun Akademik : Ganjil, 2016/2017
Hari dan Jam Pertemuan : Senin, 08.00-12.15 WITA
Tempat Pertemuan : Ruangan STIKES Mega Rezky
Makassar
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang :
Konsep dasar asuhan persalinan, Faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan,
Kebutuhan dasar selama persalinan, Manajemen kala I, Asuhan kebidanan kala II,
Indikasi amniotomi, episiotomi dan deteksi dini pada kala II, asuhan kebidanan
kala III, Asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala IV, Penanganan Bayi Baru Lahir, Serta
Pendokumentasian Hasil Asuhan Kebidanan.
Tujuan Mata Kuliah
Setelah
mengikuti nata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan atau
penguasaan materi tentang: Konsep Dasar Asuhan Persalinan, Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Persalinan, Kebutuhan Dasar Selama Persalinan, Asuhan Persalinan Kala I, Asuhan
Persalinan Kala II, Indikasi Amniotomi, Episiotomi Dan Deteksi Dini Pada Kala
II, Asuhan Kebidanan Kala III, Asuhan
Persalinan Pada Ibu Bersalin Kala IV,
Penanganan/Asuhan Bayi Baru Lahir, Serta Pendokumentasian Hasil Asuhan
Kebidanan. Asuhan persalinan kala I – kala IV dan penanganan bayi baru lahir
wajib diketahui oleh mahasiswa D-III Kebidanan untuk dapat memahami dan
mengaplikasikan teori yang diperoleh dari kuliah pada klinik dimana mereka
bekerja dan mengabdikan diri dengan melakukan asuhan kebidanan langsung pada
ibu dimulai dari kala I - kala IV serta penanganan bayi baru lahir yang
didasarkan oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Lampiran A. Garis-Garis Besar Rancangan Pembelajaran ( GBRP
)
Pertemuan
|
Kompetensi dasar/Indikator
|
Substansi Kajian
|
Metode/Model
Pemebelajaran
|
Peniaian
|
|
Kriteria
|
Bobot
|
||||
I-III
|
3.3.1 Menjelaskan konsep dasar asuhan
persalinan
3.3.1.2 Mengetahui pengertian persalinan
3.3.1.3 Mengetahui sebab-sebab mulainya
persalinan
3.3.1.4 Mengetahui tahapan persalinan (
Kala I,
II, III dan IV )
3.3.1.5 Mengetahui tujuan asuhan persalinan
3.3.1.6 Mengetahui tanda-tanda persalinan
3.3.1.7 Mengetahui tanda-tanda
bahaya
persalinan |
3.3.1 Konsep Dasar Asuhan
Persalinan
|
Konstruktif
- - Pembelajaran
kreatif dan
- produktif
(diskusi)
- Problem
solving
- inkulri
|
- Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
4
|
IV
|
3.3.2
Menjelaskan faktor yang
berpengaruh
pada persalinan
3.3.2.1
menjelaskan pengaruh tenaga (power )
dalam persalinan
3.3.2.2
Menjelaskan
pengaruh janin dan
plasenta ( passanger ) dalam persalinan |
3.3.2 Faktor Yang Berpengaruh Pada
Persalinan
|
Behavioristik
- Pembelajaran
kreatif dan produktif
- FGD
- SCL
|
-
- Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
8
|
3.3.2.3
Menjelaskan
pengaruh jalan lahir (
passsage ) dalam persalinan
3.3.2.4
Menjelaskan
faktor penolong dan
psiskis ibu dalam persalinan |
|||||
V
|
3.3.3
Menjelaskan kebutuhan dasar
persalinan
3.3.3.1
Mengetahui
kebutuhan ibu selama
persalinan normal
3.3.3.2
Mengetahui
kebutuhan nutrisi dan cairan
ibu selama proses persalinan
3.3.3.3
Memberi
dukungan pada ibu selama
persalinan |
3.3.3 Kebutuhan Dasar Selama Persalinan
|
Behavioristik
- Team teching
- STAD
|
- Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
6
|
VI
|
3.3.4
Menjelaskan asuhan kebidanan kala
I
3.3.4.1
Memberikan
asuhan persalinan kala I
3.3.4.2
Mengetahui
pemenuhan kebutuhan fisik
dan psikologi ibu dan keluarga
3.3.4.3
Menjelaskan
tanda bahaya kala I
3.3.4.4
Menjelaskan
persiapan persalinan
3.3.4.5
Mengetahui
penggunaan partograf
|
3.3.4
Asuhan Persalinan Kala I
|
Behavioristik
- Team teaching
- STAD
|
Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
6
|
VII-VIII
|
3.3.5
Menjelaskan asuhan kebidanan kala
II
persalinan
3.3.5.1
Mengetahui
dan menjelaskan perubahan
fisiologi pada kala II persalinan
3.3.5.2
Mengetahui
tanda dan gejala kala II
3.3.5.3
Mendiagnosa
persalinan kala II
3.3.5.4
Memeberikan
asuhan sayang ibu dan
menjelaskan posisi meneran yang baik
3.3.5.5
Mengetahui
mekanisme persalinan
normal
3.3.5.6
Mengetahui
kebutuhan dasar ibu selama
proses persalinan
3.3.5.7
Mengetahui
dan mendeteksi tanda
bahaya kala II
3.3.5.8
Menolong
persalinan sesuai APN
3.3.5.9
Mendokumentasikan
asuhan persalinan
kala II |
3.3.5
Asuhan Persalinan Kala II
|
Konstruktif
-
Problem solving
-
Ikulri
-
Demontrasi
|
- Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
8
|
IX
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||||
X
|
3.3.6
Menjelaskan dan mendeteksi
indikasi
amniotomi, episiotomi pada kala II
3.3.6.1
Mengetahui indikasi amniotomi dan
episiotomi
3.3.6.2
Mendeteksi
adanya komplikasi dan
penyulit persalinan kala II dan cara mengatasinya |
3.3.6 Indikasi Amniotomi, Episiotomi
Dan Deteksi Dini Pada Kala II
|
Kontruktif
- Pembelajaran
kreatif dan produktif
-
Inkulri
-
Problem
solving
-
Team
teaching |
- Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
6
|
XI-XII
|
3.3.7
Menjelaskan asuhan kebidanan kala
III
(kala uri)
3.3.7.1
Mengetahui
fisiologi kala III
3.3.7.2
Mengetahui
tanda pelepasan plasenta
3.3.7.3
Mengawasi
perdarahan
3.3.7.4
Melakukan
manajemen aktif kala III
3.3.7.5
Mengetahui
kebutuhan ibu pada kala III
3.3.7.6
Melakukan
pemantauan pada kala III
3.3.7.7
Mendeteksi
adanya komplikasi dan
penyulit serta cara mengatasinya
3.3.7.8
Mengetahui
dan mendeteksi penyebab
perdarahan pada kala III
3.3.7.9
Mendokumentasikan
hasil asuhan
kebidanan kala III |
3.3.7 Asuhan Kebidanan Pada Ibu
Bersalin Kala III
|
Konstruktif
- Pembelajaran
kreatif dan produktif
-
Inkulri
-
Demonstrasi
-
Problem
solving |
-
Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
10
|
XIII
|
3.3.8
Memberikan asuhan kebidanan pada
ibu
bersalin kala IV
3.3.8.1
Mengetahui
fisiologi kala IV
3.3.8.2
Melakukan
pemantauan selama kala IV
3.3.8.3
Mengetahui
tindakan yang dapat
membahayakan / tidak bermanfaat pada kala IV
3.3.8.4
Melaksanakan
penjahitan luka
|
3.3.8 Asuhan Kebidanan Pada Ibu
Bersalin Kala IV
|
Behavioristik
- Pembelajaran
produktif dan kreatif
-
SCL
-
Demonstrasi
|
-
Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
8
|
XIV
|
3.3.9 Melanjelaskan penanganan bayi baru
lahir
3.3.9.1
Memberikan
asuhan pada bayi segera
pada masa setelah lahir
3.3.9.2
Mengetahui
adaptasi fisiologi bbl
terhadap kehidupan di luar uterus
3.3.9.3
Mengetahui
penilaian APGAR
3.3.9.4
Melakukan
imd selama 1 jam pertama
|
3.3.9 Penanganan /Asuhan Bayi Baru
Lahir
|
Konstruktif
- Pembelajaran
kreatif dan produktif
-
Inkulri
-
Problem
solving |
-
Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
8
|
XV
|
3.3.10 Menjelaskan pendokumentasian hasil
asuhan kebidanan
3.3.10.1
Melakukan
pencatatan rutin setelah
melakukan asuhan
3.3.10.2
Melakukan
rujukan bila ada indikasi
|
3.3.10 Pendokumentasian Hasil
Asuhan Kebidanan
|
Behavioristik
-
Team
teaching
-
STAD
|
-
Kreativitas
SB B C K
- Unjuk kerja
SB B C K
- Keaktifan
SA A C K
- Ketepatan
ST T C K
|
4
|
XVI
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER
|
Humanistik/Untuk
Kerja
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar