SILABUS
AKADEMI KEBIDANAN TAHIRAH AL BAETI
BULUKUMBA
|
MATA KULIAH : METODE PENELITIAN
KODE MATA KULIAH : Bd. 405
BEBAN STUDI : 2 SKS ( T : 1 ; P : 1)
PENEMPATAN : SEMESTER V
A.
DESKRIPSI
MATA KULIAH
Kuliah ini memberikan kemampuan menyusun penelitian
dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian,
langkah-langkahpenelitian., metodologi penelitian, , menyusun proposal
penelitian, melakukan review jurnal/proposal, seminar proposal dan melakukan penelitian
dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
konsep dasar penelitian
2. Menjelaskan
sistematika penelitian
3. Menguraiakan
langkah-langkah penelitian
4. Menjelaskan
metodologi dalam penelitian
5. Menyusun
proposal penelitian
6. Melaksanakan
seminar proposal
7. Interpretasi
hasil penelitian dalam pelayanan kebidanan/kesehatan
C.
PROSES
PEMBELAJARAN
T : Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan
ceramah, diskusi, dan penugasan
P
: Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik
dikampus maupun dilahan praktek) dengan menggunakan metode simulasi, demontrasi,
dan mini proyek
D.
EVALUASI
Teori
1.
UTS :
20 %
2.
UAS :
30 %
Praktik :
50 %(berarti komponen utama penilaian akhir terhadap
evaluasi hasil belajar diperoleh dari materi latihan proposal yang disusun
mahasiswa)
E.
BUKU
SUMBER
Buku Utama
1.
Praktiknya, 2000, Dasar-dasarMetodelogi Penelitian
dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada
2.
Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodologi
Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI
3.
Soekidjo Notoatmojo,1993, Metodologi
Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
Buku Anjuran
1. Collin
Rees, 1997), An introduction to research for midwives, England, chapter 4
2. Ruth
Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives, Longman Group UK Limited, chapter
50
3.
Elizabeth R, Cluetlaand Rosalind bluff,
2000, principles and Practice of Reseachin Midwifery. Bailliere Tindall,
harcout Publishers Limited
4.
Felicia Mc Carmick
and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third
edition. Asley Road, Hochland & Hochland Limited
5.
Pam Smith, 1997, Research Mindodnes for
Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care. London, Churchill
Livingstone.
NO
|
PERTEMUAN
|
HARI/TGL
|
WAKTU
|
TUJUAN KHUSUS
|
POKOK/SUB
POKOK PEMBAHASAN
|
METODE
|
REFRENSI
|
DOSEN
|
Pada akhir
perkuliahan mahasiswa dapat :
|
||||||||
1.
|
I
|
2x60 Menit
|
Mampu
menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan
tekhnologi di bidang kebidanan.
|
1.1.Pengertian
penelitian
1.2.Tujuan
dilakukan penelitian
1.3.
Implikasi hasil penelitian terhadap perkembangan ilmu
dan teknologi
1.4.
Ruang lingkup penelitian kebidanan
|
Ramlan
|
|||
2.
|
II
|
2x60 Menit
|
Dapat
membedakan berbagai macam jenis penelitian
|
Jenis
penelitian menurut aspek:
•
Aspek Tujuan
•
Aspek Metode
•
Aspek Pendekatan
•
Aspek Sifat Dasar
•
Aspek Jenis Data
•
Aspek Lokasi/Tempat
|
Ramlan
|
|||
3.
|
III
|
2x60 Menit
|
Memahami
sistematika dan langkah-langkah
penelitian
|
Langkah-langkah
dan tahapan penelitian
|
Ramlan
|
|||
4.
|
IV
|
2x60 Menit
|
Memahami
perumusan masalah-masalah penelitian
|
4.1.Pengertian
masalah penelitian
4.2.Merumuskan
masalah penelitian
4.2.1. Mencari
masalah
4.2.2. Sumber
masalah
4.2.3. Ciri
Masalah
4.2.4.
Perumusan masalah
|
Ramlan
|
|||
5.
|
V
|
Dapat
merumuskan tujuan penelitian
|
5.1.
Pentingnya tujuan penelitian
5.2.
Cara merumuskan tujuan penelitian
|
Ramlan
|
||||
6.
|
VI
|
2x60 Menit
|
Dapat
merumuskan hipotesis penelitian
|
6.1.Pengertian
hipotesis
6.2.Ciri
hipotesis yang baik
6.3.Jenis-jenis
hipotesis
|
Ramlan
|
|||
Dapat
menetapkan variable penelitian
|
6.4.
Pengertian parameter, variable dan konsep
6.5. Komponen
pengukuran (sample, populasi)
6.6. Hubungan antar
variable
6.7. Definisi
operasional variable
|
Ramlan
|
||||||
7.
|
VII
|
2x60 Menit
|
Dapat
mengembangkan kerangka konsep penelitian
|
7.1. Kerangka
teoritis
7.2.
Kerangka konsep
7.2.1.Pengertian
7.2.2.Peranan
kerangka konsep
7.2.3.Cara
mengembangkan konsep
|
Ramlan
|
|||
8.
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||||||||
9.
|
VIII
|
2x60 Menit
|
Mengenal
berbagai jensi rancangan penelitian
|
8.1.Pengertian
rancangan penelitian
8.2.Hubungan
rancangan penelitian dengan pembuktian
hipotesis
8.3.Rancangan
penelitian
|
Nurislamiah
|
|||
10.
|
IX
|
2x60 Menit
|
9.1.Rancangan
penelitian percobaan
9.1.1.Prinsip dasar
9.1.2.Jenis
rancangan percobaan (RAL/RAK)
9.2.Percobaan faktorial
9.3.Rancangan
quasi eksperimental
9.3.Rancangan
penelitian klinik
|
Nurislamiah
|
||||
11.
|
X
|
2x60 Menit
|
Memahami
Rapid Assessment Procedure (RAP)
|
10.1.Pengertian
RAP
10.2.Tujuan
RAP
10.3.Kegunaan
RAP
10.4. Teknik
pelaksanaan RAP
10.4.1.FGD
10.4.2.Indepth interview
10.4.3.Observasi
10.4.4.Survey
|
Nurislamiah
|
|||
12.
|
XI
|
2x60 Menit
|
Memahami
tehnik pengumpulan data
|
11.1. Metode
pengumpulan data
11.1. Pengamatan
11.2. Angket
11.3. Wawancara
11.4. Pengukuran
11.2.
Validitas dan reliabilitas
11.3.
Pengembangan instrument penelitian
|
Nurislamiah
|
|||
13.
|
XII
|
2x60 Menit
|
Memahami
cara-cara pengolahan data dan interpretasinya
|
12.1.
Pengertian
12.2. Tahapan
pengolahan data
12.3. Teknik
pengolahan data
12.3.1. Manual
12.3.2. EDP (computer)
12.4.
Interpretasi hasil pengolahan data
|
Nurislamiah
|
|||
14.
|
XIII
|
2x60 Menit
|
Memahami
cara penyusunan proposal penelitian
|
13.1.Cara
penyusunan proposal penelitian
13.2.
Contoh penyusunan proposal penelitian
|
Nurislamiah
|
|||
15.
|
XIV
|
Memahami
cara penulisan dan penyajian laporan penelitian
|
14.1. Teknik presentasi
hasil
14.2.
Sistematika penyajian hasil
14.3.
Penulisan rujukan/sumber pustaka
|
Nurislamiah
|
||||
16
.UJIAN AKHIR SEMESTER
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar