Autumn Falling Leaves

Selasa, 15 November 2016

Contoh Silabus (Metode Penelitian)



SILABUS AKADEMI KEBIDANAN TAHIRAH AL BAETI
BULUKUMBA
 
MATA KULIAH                  : METODE PENELITIAN
KODE MATA KULIAH     : Bd. 405
BEBAN STUDI                    : 2 SKS ( T : 1 ; P : 1)
PENEMPATAN                   : SEMESTER V

A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Kuliah ini memberikan kemampuan menyusun penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah-langkahpenelitian., metodologi penelitian, , menyusun proposal penelitian, melakukan review jurnal/proposal, seminar proposal dan melakukan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan konsep dasar penelitian
2.      Menjelaskan sistematika penelitian
3.      Menguraiakan langkah-langkah penelitian
4.      Menjelaskan metodologi dalam penelitian
5.      Menyusun proposal penelitian
6.      Melaksanakan seminar proposal
7.      Interpretasi hasil penelitian dalam pelayanan kebidanan/kesehatan
                                   
C.    PROSES PEMBELAJARAN
T  :   Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, dan penugasan
P :    Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik dikampus maupun dilahan praktek) dengan menggunakan metode simulasi, demontrasi, dan mini proyek




D.    EVALUASI
Teori
1.      UTS           : 20 %
2.      UAS          : 30 %
Praktik             : 50 %(berarti komponen utama penilaian akhir terhadap evaluasi hasil belajar diperoleh dari materi latihan proposal yang disusun mahasiswa)

E.     BUKU SUMBER

Buku Utama
1.   Praktiknya, 2000, Dasar-dasarMetodelogi Penelitian dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada
2.   Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodologi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI
3.   Soekidjo Notoatmojo,1993, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
Buku Anjuran
1.   Collin Rees, 1997), An introduction to research for midwives, England, chapter 4
2.   Ruth Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives, Longman Group UK Limited, chapter 50
3.   Elizabeth R, Cluetlaand Rosalind bluff, 2000, principles and Practice of Reseachin Midwifery. Bailliere Tindall, harcout Publishers Limited
4.   Felicia Mc  Carmick  and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third edition. Asley Road, Hochland & Hochland Limited
5.   Pam Smith, 1997, Research Mindodnes for Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care. London, Churchill Livingstone.



NO
PERTEMUAN
HARI/TGL
WAKTU
TUJUAN KHUSUS
POKOK/SUB POKOK PEMBAHASAN
METODE
REFRENSI
DOSEN




Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat :





1.
I

2x60 Menit
Mampu menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan tekhnologi di bidang kebidanan.
1.1.Pengertian penelitian
1.2.Tujuan dilakukan penelitian
1.3.   Implikasi hasil penelitian terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
1.4.   Ruang lingkup penelitian kebidanan


Ramlan
2.
II

2x60 Menit
Dapat membedakan berbagai macam jenis penelitian
Jenis penelitian menurut aspek:
      Aspek Tujuan
      Aspek Metode
      Aspek Pendekatan
      Aspek Sifat Dasar
      Aspek Jenis Data
      Aspek Lokasi/Tempat


Ramlan
3.
III

2x60 Menit
Memahami sistematika dan  langkah-langkah penelitian
Langkah-langkah dan tahapan penelitian


Ramlan
4.
IV

2x60 Menit
Memahami perumusan masalah-masalah penelitian
4.1.Pengertian masalah penelitian
4.2.Merumuskan masalah penelitian
4.2.1. Mencari masalah
4.2.2. Sumber masalah
4.2.3. Ciri Masalah
4.2.4. Perumusan masalah


Ramlan
5.
V


Dapat merumuskan tujuan penelitian
5.1. Pentingnya tujuan penelitian
5.2. Cara merumuskan tujuan penelitian


Ramlan
6.
VI

2x60 Menit
Dapat merumuskan hipotesis penelitian
6.1.Pengertian hipotesis
6.2.Ciri hipotesis yang baik
6.3.Jenis-jenis hipotesis


Ramlan




Dapat menetapkan variable penelitian
6.4. Pengertian parameter, variable dan konsep
6.5. Komponen pengukuran (sample, populasi)
6.6. Hubungan antar variable
6.7. Definisi operasional variable


Ramlan
7.
VII

2x60 Menit
Dapat mengembangkan kerangka konsep penelitian

7.1. Kerangka teoritis
7.2. Kerangka konsep
7.2.1.Pengertian
7.2.2.Peranan kerangka konsep
7.2.3.Cara mengembangkan konsep





                

Ramlan
   8.                                                                                          UJIAN TENGAH  SEMESTER

9.
VIII

2x60 Menit
Mengenal berbagai jensi rancangan penelitian
8.1.Pengertian rancangan penelitian
8.2.Hubungan rancangan penelitian dengan  pembuktian hipotesis
8.3.Rancangan penelitian


Nurislamiah
10.
IX

2x60 Menit

9.1.Rancangan penelitian percobaan
9.1.1.Prinsip dasar
9.1.2.Jenis rancangan percobaan   (RAL/RAK)
9.2.Percobaan faktorial
9.3.Rancangan quasi eksperimental
9.3.Rancangan penelitian klinik


Nurislamiah
11.
X

2x60 Menit
Memahami Rapid Assessment Procedure (RAP)
10.1.Pengertian RAP
10.2.Tujuan RAP
10.3.Kegunaan RAP
10.4. Teknik pelaksanaan RAP
        10.4.1.FGD
        10.4.2.Indepth interview
        10.4.3.Observasi
        10.4.4.Survey


Nurislamiah
12.
XI

2x60 Menit
Memahami tehnik pengumpulan data
11.1. Metode pengumpulan data
         11.1. Pengamatan
         11.2. Angket
         11.3. Wawancara
         11.4. Pengukuran
11.2. Validitas dan reliabilitas
11.3. Pengembangan instrument penelitian


Nurislamiah
13.
XII

2x60 Menit
Memahami cara-cara pengolahan data dan interpretasinya
12.1. Pengertian
12.2. Tahapan pengolahan data
12.3. Teknik pengolahan data
         12.3.1. Manual
12.3.2. EDP (computer)
12.4. Interpretasi hasil pengolahan data


Nurislamiah
14.
XIII

2x60 Menit
Memahami cara penyusunan proposal penelitian
13.1.Cara penyusunan proposal penelitian
13.2. Contoh penyusunan proposal penelitian


Nurislamiah
15.
XIV


Memahami cara penulisan dan penyajian laporan penelitian
14.1. Teknik presentasi hasil
14.2. Sistematika penyajian hasil
14.3. Penulisan rujukan/sumber pustaka


Nurislamiah
16 .UJIAN AKHIR SEMESTER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar